LCD Text Generator at TextSpace.net

Minggu, 21 Maret 2010

Damar

Bagi yang belum tahu apa dan bagaimana Damar itu kami akan mencoba membahasnya disini.

Pohon damar atau bindang (Agathis dammara (Lamb.) Rich. & A. Rich. syn. A. celebica, A. alba) merupakan sejenis pohon anggota tumbuhan runjung (Gymnospermae) yang merupakan tumbuhan asli Indonesia. Habitat aslinya terutama adalah kawasan Malesia bagian timur. Tumbuhan ini dibudidayakan untuk diambil getah atau hars-nya. Damar ini diolah untuk dijadikan kopal.

Tumbuhan ini terutama dijumpai hutan pegunungan, meskipun cukup toleran dengan kondisi dataran rendah. Tajuknya tegak meninggi dengan percabangan yang tidak terlalu lebar. Daunnya lanset agak lebar namun relatif tebal. Bentuknya yang khas ini membuatnya disukai sebagai tumbuhan peneduh tepi jalan (misalnya di Jalan Dago, Bandung).

Damar adalah hasil sekresi (getah) dari pohon Shorea sp., Vatica sp., Dryobalanops sp., dan lain-lain dari suku meranti-merantian atau Dipterocarpaceae. Di dalamnya termasuk damar mata kucing dan damar gelap. Damar dimanfaatkan dalam pembuatan korek api (untuk mencegah api membakar kayu terlalu cepat), plastik, plester, vernis, dan lak.

http://id.wikipedia.org/wiki/

Damar
Damar, dari Koehler
Damar, dari Koehler
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Pinophyta
Kelas: Pinopsida
Ordo: Pinales
Famili: Araucariaceae
Genus: Agathis
Nama binomial
Agathis dammara
(Lamb.) Rich.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar